Berpisah Dengan Ramadan

Ibnu Rajab rohimahulloh Ta'ala berkata :

عباد الله إن شهر رمضان قد عزم على الرحيل، ولم يبق منه إلا القليل، فمن منكم أحسن فيه فعليه التمام، ومن كام فرّط فليختمه بالحسنى فالعمل بالختام. فاستمتعوا منه بما بقي من الليالي اليسيرة والأيام, واستودعوه عملا صالحا يشهد لكم به عند الملك العلام, وودعوه عند فراقه بأزكى تحية وسلام...
كيف لا يجري للمؤمن على فراقه دموع، وهو لا يدري هل بقي له في عمره إليه رجوع؟

Wahai hamba Allah, bulan Ramadhan benar-benar ingin pergi. Tidak ada lagi yang tersisa darinya kecuali waktu yang sedikit. Barangsiapa yang telah melakukan kebaikan selama bulan ini, hendaklah ia menyempurnakannya. Barangsiapa yang kurang optimal beramal, hendaklah ia menutup bulan ini dengan baik; karena amalan itu tergantung akhirnya. Manfaatkanlah malam-malam dan hari-hari Ramadhan yang masih tersisa, Serta tabunglah di dalamnya amal sholih yang dapat memberi kesaksian kepadamu nantinya di hadapan Dzat Maha Penguasa lagi Maha Mengetahui, lepaskan kepergian bulan Ramadhan dengan ucapan salam yang terbaik.
...
Bagaimana air mata seorang mukmin tidak mengalir padahal ia tidak tahu apakah masih ada umur utk kembali bertemu dengannya?

[Kitab: Lathoif Al-Ma'arif hal 486


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url