Proposal Pembangunan Asrama Santri PPTQ Utsman Bin Affan 2020



PROPOSAL PEMBANGUNAN ASRAMA SANTRI

PONDOK PESANTREN TAHFIDZ QUR’AN (PPTQ)

UTSMAN BIN AFFAN

GEGESIK CIREBON JAWA BARAT






السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي هَدَانَا لِهٰذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللّٰهُ ، اَشْهَدُ اَنْ لۤا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ

أَمَّا بَعْدُ




“Segala puji bagi Allah yang telah menunjuki kami kepada (kebaikan) ini. Dan kami sekali-kali tidak akan mendapat petunjuk kalau Allah tidak memberi kami petunjuk. Aku bersaksi bahwa tidak ada Illah yang berhak diibadahi selain Allah. Dan bahwasannya Muhammad itu hamba dan utusan Allah.


Diantara sebaik-baik perbekalan akhirat adalah, dengan membangun asrama santri Pondok Pesantren. Tempat terpancar syiar Islam dan iman, kebersamaan kaum muslimin dalam Menimba ilmu, tempat untuk mengagungkan asma-asma Allah dalam sujud dan ruku’, madrasah bagi kaum Muslimin; dengan majlis-majlis ilmu di dalamnya.


Alangkah besar pahala orang yang turut andil membangunnya. Ia menjadi sebab tercapainya amalan-amalan agung. Amalannya dicatat sebagai sedekah jariyah, yang pahalanya terus mengalir, meski ia sudah tinggal di alam kubur.


Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan sebuah kabar gembira,


إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ


“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631)


Dalam hadis lain disinggung lebih spesifik lagi. Dimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan,


إِنَّ مِمَّا يَلْحَقُ الْمُؤْمِنَ مِنْ عَمَلِهِ وَحَسَنَاتِهِ بَعْدَ مَوْتِهِ عِلْمًا عَلَّمَهُ وَنَشَرَهُ وَوَلَدًا صَالِحًا تَرَكَهُ وَمُصْحَفًا وَرَّثَهُ أَوْ مَسْجِدًا بَنَاهُ أَوْ بَيْتًا لاِبْنِ السَّبِيلِ بَنَاهُ أَوْ نَهْرًا أَجْرَاهُ أَوْ صَدَقَةً أَخْرَجَهَا مِنْ مَالِهِ فِي صِحَّتِهِ وَحَيَاتِهِ يَلْحَقُهُ مِنْ بَعْدِ مَوْتِهِ



”Sesungguhnya di antara amalan dan kebaikan seorang mukmin yang akan menemuinya setelah kematiannya adalah: ilmu yang diajarkan dan disebarkannya, anak shalih yang ditinggalkannya, mush-haf Alquran yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah untuk ibnu sabil yang dibangunnya, sungai (air) yang dialirkannya untuk umum, atau shadaqah yang dikeluarkannya dari hartanya diwaktu sehat dan semasa hidupnya, semua ini akan menemuinya setelah dia meninggal dunia.” (HR. Ibnu Majah dan Baihaqi, dinilai hasan oleh Syaikh Al Albani).



A.    LATAR BELAKANG



Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Utsman Bin Affan Pulorancang Gegesik didirikan dengan harapan untuk melahirkan kembali generasi penegak kejayaan Islam yang akan mengembalikan masyarakat muslim kepada masa keemasannya, kepada Al-Qur’an, kepada kemurnian ajaran Islam, kepada Aqidah yang lurus dan Akhlaqul karimah yang berlandaskan Al-Quran, dan As-Sunnah, serta berdasarkan pemahaman ulama salaf Ahlus Sunnah wal Jama’ah, dan mengembalikan bahasa Arab sebagai bahasa kaum muslimin.


Pendidikan Islam yang kami selenggarakan meliputi ilmu aqidah, fiqih, ilmu Alquran, hadits, bahasa Arab, siroh dan cabang-cabang ilmu Islam lainnya. Sedangkan metode pemahaman yang kami pakai adalah metode ilmiah berdasarkan pemahaman yang shahih dari para sahabat yang diikuti oleh para tabi’in, tabiut tabi’in dan generasi selanjutnya yang menjaga kemurnian ajaran Islam ini.


Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Utsman Bin Affan membebaskan biaya pendidikan sehingga antusias ummat Muslimin begitu tinggi, oleh sebab itu pertambahan jumlah santri mukim sangat signifikan terutama pada tahun ajaran pendidikan yang baru. Tersebab hal tersebut, perlu upaya untuk menambah bangunan asrama agar terciptanya suasana yang nyaman, kondusif dan mampu focus dalam belajar.



B.     TUJUAN

Pembangunan asrama santri Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Utsman Bin Affan bertujuan untuk:

1)      Menyediakan fasilitas asrama yang memadai bagi santri yang mukim di Pondok

2)      Besarnya antusias ummat Muslimin yang ingin memasukkan anaknya ke Pondok

3)      Sebagai wasilah dan media belajar agama peserta didik dan santri sebagai bekal untuk menebar kebaikan dan kebermanfaatan bagi masyarakat juga Islam



C.    DESKRIPSI DAN ESTIMASI DANA

1.      Deskripsi                     : Bangunan asrama dengan ukuran 8 meter x 7 meter

2.      Estimasi Dana             : Dana yang dibutuhkan adalah Rp. 150.000.000,00 ( Seratus lima puluh juta rupiah )



D.    ALAMAT DAN NARAHUBUNG KONFIRMASI

1.      Alamat Rekening      :  Rekening Bank Muamalah
No. Rekening: 137-0004-142
A/n: PPTQ Utsman Bin Affan

2.      Narahubung Konfirmasi : 089-786-47-900 


E.     PENUTUP

Demikianlah surat permohonan bantuan pembangunan asrama santri Pondok Pesantren Tahfidz Qur'an Utsman Bin Affan ini kami buat dan sampaikan. Atas perhatian dan partisipasinya, kami ucapkan jazaakumulloh khoiron katsiron Semoga Alloh Ta’ala memudahkan segala urusan dan menerima segala amal ibadah kita. Dan Allah Ta'ala membangunkan rumah yang indah dan penuh kenikmatan di surge bagi mereka yang memudahkan pembangunan asrama ini.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 
 

Gegesik, 24 April 2020/1 Ramadhan 1441 H

Mudir PPTQ Utsman Bin Affan



FARYAN A. FIDDIN, S.Pd.I, M.Psi
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url