Dakwah Tauhid Vs Musyrikin

Alloh Ta'ala berfirman: 

 كبر على المشركين ما تدعوهم إليه 

"Amat berat bagi orang-orang musyrik apa yang kamu seru mereka kepadanya". (QS. Ay-Syuro: 13). 

Qotadah rohimahulloh ta'ala berkata: 

أنكرها المشركون، وكبر عليهم شهادة أن لا إله إلا الله، فصادمها إبليس وجنوده، فأبى الله تبارك وتعالى إلا أن يمضيها وينصرها ويفلجها ويظهرها على من ناوأها 

"Orang-orang musyrik mengingkarinya (dakwahmu), amat berat bagi mereka syahadah La Ilaha Illa Alloh, iblis dan pasukannya menolaknya, Alloh Tabaroka Wa Ta'ala tidak menghendaki selain menyempurnakannya, menolongnya, menampakkannya, dan memenangkannya atas orang yang memusuhinya". (Tafsir Ibnu Jarir 20/482).  

Ibnu Jarir berkata tatkala menafsirkan ayat ini: 

كبر على المشركين بالله من قومك يا محمد ما تدعوهم إليه من إخلاص العبادة لله، وإفراده بالألوهية والبراءة مما سواه من الآلهة والأنداد 

"Amat berat bagi orang-orang musyrik kepada Alloh dari kaummu wahai Muhammad apa yang kamu seru mereka kepadanya dari yang berupa memurnikan ibadah untuk Alloh, mengesakan Alloh dengan Uluhiyyah, dan berlepas diri dari sesembahan dan sekutu selain Alloh". (Tafsir Ibnu Jarir 20/482).  

Ibnu Katsir berkata: 

أي: شقّ عليهم وأنكروا ما تدعوهم إليه يا محمد من التوحيد

"Maksudnya: terasa berat bagi mereka, dan mereka mengingkari tauhid yang kamu seru mereka kepadanya wahai Muhammad". (Tafsir Ibnu Katsir: 7/195). 


 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url